Aspirasi Siswa Dukung SMAN1G Maju Terus

Senin, 14 Agustus 2017, Majelis Perwakilan Kelas SMA Negeri 1 Gemolong mengadakan foras untuk pertamakalinya. Foras? Anak SMANIG pasti sudah familiar setelah digelarnya acara tersebut. Foras sendiri adalah forum aspirasi siswa. Forum adalah tempat pertemuan untuk bertukar pikiran. Pada foras kali ini mengangkat tema “Aspirasi untuk SMANIG Maju Terus!” membahas mengenai tata tertib, sarana prasarana, serta kurikulum yang telah berjalan di SMA Negeri 1 Gemolong.

Partisipan foras adalah 5 orang siswa perwakilan dari masing-masing kelas, baik kelas X, XI, dan XII. Foras disambut baik oleh para siswa SMANIG. Ini terbukti dari partisipan yang hadir hampir seratus persen, yaitu 133 siswa. Foras juga dihadiri Wakasek dan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Gemolong. Bapak Parmono, Bapak Agus Riyadi, Ibu Sumanti, serta Ibu Harmini. Tidak lupa Bapak Kepala sekolah kita tercinta, Bapak Marsono. Meskipun beliau tidak mengikuti jalannya foras secara penuh karena kesibukannya, Pak Marsono tetap menyempatkan diri memberikan sambutan.

Sebelum Foras dimulai, terdapat penyuluhan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen dan Puskesmas Gemolong. Penyuluhan tersebut antaralain penyuluhan tentang bahaya merokok, kesehatan reproduksi, dan penyakit menular seksual. Penyuluhan ini diisi oleh petugas kesehatan Dinkes Sragen dan dibuka sesi tanya jawab pada akhir penyuluhan.

Foras sendiri dimulai sekitar pukul 12.15 WIB. Foras dipandu oleh Aditya Wahyu Saputra sebagai pembawa acara. Acara pertama adalah sambutan ketua rapat, selanjutnya para hadirin berdiri untuk mengumandangkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Lagu Indonesia Raya selesai berkumandang, para hadirin dipersilahkan untuk duduk. Setelahnya wakasek menyampaikan sambutan dan proker wakil kepala sekolah untuk satu tahun kedepan. Dimulai dari Bapak Agus Riyadi, kemudian Bapak Parmono, lalu Ibu Sumanti, dan Ibu Harmini. Acara kali ini juga diisi sambutan dari Bapak Kepala sekolah SMA Negeri 1 Gemolong, Bapak Marsono. Namun sayang, Bapak Marsono tidak dapat mengikuti jalannya foras secara penuh.

Acara inti adalah penyampaian aspirasi siswa dalam bentuk tanya jawab. Sesi tanya jawab kali ini dibatasi maksimal 3 penanya dan aspirator dari masing-masing tingkatan kelas.  Untuk perwakilan kelas X ditunjuk Azian Indra Astirti dari kelas X IBBU. Kelas XI adalah Fatimahtul Zahra dari kelas XI IPS 1. Kelas XII adalah Chandra Ary Wibowo dari kelas XII MIPA 1.Aspirasi disampaikan oleh ketiganya. Aspirasi-aspirasi tersebut antaralain tentang keluhan sarana-prasarana yang ada di kelas, kurikulum tentang penambahan pelajaran BK bagi kelas 12, serta masalah study tour kelas 11.

Dari pihak wakil kepala sekolah menanggapi dengan baik aspirasi-aspirasi dari siswa tersebut.  Berbagai tanggapan disampaikan dari masing-masing wakasek. Dan dicapai hasil foras.

Foras berakhir pukul 15.00 WIB. Foras kali ini berlangung dengan kondusif meskipun masih banyak aspirasi siswa yang belum tersampaikan. Semua aspirasi tersebut sangatlah mendukung kinerja SMANIG ke depannya. SMANIG! Maju terus! (DIKSI/Camelia A)

Komentar

comments